Sambiloto Tanaman Herbal Pencegah Virus Corona

oleh -197 views
Sambiloto Tanaman Herbal Pencegah Virus Corona
Sambiloto Tanaman Herbal Pencegah Virus Corona/ pict/IG/sir_thomas2013

Fokus Muria – Tanaman yang memiliki nama ilmiah Andrographis paniculata atau biasa disebut dengan nama sambiloto tersebut, dianggap dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta mencegah datangnya penyakit, termasuk COVID-19.

Sambiloto mengandung zat aktif yang disebut andrografolida. Zat yang terkandung di bagian batang serta daun sambiloto mempunyai sifat antibakteri, dan antivirus.

Dikutip dari website fakultas farmasi UNAIR, daun sambiloto dipercaya dapat mencegah virus corona, selain kandungan kurkumin yang terdapat pada empon-empon.

Bahkan Tropical Disease Center (TDC) Unair Kampus C Surabaya telah mengemasnya dalam tablet.

Daun sambiloto dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pasalnya, ekstrak yang terkandung dalam daun sambiloto bersifat imunostimulan. Yakni meningkatkan kinerja organ-organ yang berhubungan dengan sistem imun.

Bukan hanya daunnya saja, batang dari sambiloto atau saripati dari tanaman tersebut. Sebab saripati sambiloto ini mempunyai manfaat yang mampu mengobati malaria dan virus corona.

Tanaman yang memiliki rasa pahit tersebut juga memiliki segudang manfaat lainnya, seperti yang dilansir dari wibsite alodokter, menyebutkan bahwa, sambiloto memiliki manfaat bagi kesehatan diantaranya sebagai berikut:

1. Dapat meringankan gejala flu

2. Dapat meredakan gejala peradangan

3. Dapat meredakan demam tubuh

4. Menguatkan sistem kekebalan tubuh

5. Menurunkan kondisi diabetes seseorang

Penggunaan sambiloto sebagai herbal juga harus sesuai kadar atau dosisnya, yang mana konsumsi yang berlebih juga tidak disarankan.

Efek samping juga bisa ditimbulkan dari pengonsumsian tanaman ini seperti, diare, alergi, muntah, pusing dll.

Tidak dianjurkan juga ketika mengonsumsi herbal sambiloto bersama obat-obatan karena akan menimbulkan efek interaksi obat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.